Skip to main content

Padukan Metode Tanam Cabe Mas Udin dan Pak Endi

 Bintan - Budidaya tanaman hortikultura, terutama cabe saat ini tengah banyak digandrungi oleh masyarakat, karena setiap rumah setiap hari akan memerlukan cabe untuk keperluan dapur. Harga cabe rawit yang tembus diangka Rp100.000 membuat masyarakat petani berupaya menghasilkan cabe dengan kualitas terbaik. Akhirnya, banyak petani milenial  yang berupaya menanam cabe dengan berbagai metode yang digunakan oleh master. 

Melihat video dari berbagai sumber channel, bahwa metode tanam cabe Mas Udin begitu menggiurkan hasilnya, cabe menjadi subur bebas dari serangan hama penyakit dan patogen tanaman, hasilnya pun melimpah ruah. Kali ini saya akan membagikan tips Metode Tanam Cabe Mas Udin yang juga dijuluki sebagai Profesor Cabe.

Memadukan ilmu dan pengalaman menjadikan Mas Udin sebagai master bagi petani cabe, namun apakah metode mas Udin dapat diterapkan di tanah Bintan, apakah dapat berhasil bila diterapkan di Pertanian Bintan, kita lihat saja nanti hasilnya, karena Y Chen sedang mencoba mempraktekkan metode tanam cabe yang diajarkan Mas Udin.

Berikut ini adalah panduan dasar Metode Tanam Cabe Mas Udin :

🔰 SOP METODE MAS UDIN 🔰

1 HARI SEBELUM TANAM - Silika karbon (4 sendok) - Asam humat (3 sendok) - Trichoderma (3 sendok) (Dicampur jadi satu kedalam 20 liter, 100ml perlobang tanam) _________________________________________________________ KOCOR DIUMUR 5 HST, 10 HST, 15 HST - Asam amino 50ml - Phospat - Asam humat 3 Sendok (Dicampur jadi satu kedalam 20 liter air, kocor 100ml perpohon) _________________________________________________________ 20 HST - MASUK PUPUK TABUR - NPK 16 satu sendok perpohon - Kocor fungisida dilobang tanam keesokkan harinya - Jika musim kemarau pemupukan bisa melalui kocor dosis 2 gelas per-20 liter air, dikocor 100-150ml perpohon _________________________________________________________ PENYEMPROTAN Penyemprotan setiap 4-5 hari 1x (penyemprotan tergantung kondisi dilahan masing-masing) ➡️ PENYEMPROTAN FASE VEGETATIF ⬅️ UMUR CABE 15 HST - 45 HST - Asam Amino - Insektisida Abamektin - Fungisida Mankozep (opsional) ➡️ PENYEMPROTAN FASE GENERATIF ⬅️ DIMULAI SAAT UMUR CABE 45 HST - (Fungisida, Insektisida, Kalium, Kalsium) DIROLLING (Fungisida, Insektisida, Kalium, Unsur Mikro) _________________________________________________________ Dosis pertangki 16 liter - Fungisida 2-4 sendok makan - Kalsium 2-4 sendok makan - Unsur Mikro 25ml
- Insektisida 10-20ml


Metode tanam diatas telah dirilis oleh Chanel Petani cabe Cianjur, metode tersebut akan diterapkan Y Chen di Bintan yang merupakan tanah dengan topografi berbukit sangat dekat dengan laut, sehingga termasuk dataran rendah.

Bedengan yang telah disiapkan dengan cara dicangkul secara manual ditaburi pupuk kohe ayam, karena pupuk kohenya belum masak atau belum fermentasi sehingga penyiapan lahan dilakukan lebih awal daripada menyebar benih. Setelah lahan disiapkan, ditabur pupuk kohe, dikocor EM4, baru kemudian melakukan penyemaian benih.

"Sambil menunggu lahan siap, benih pun disiapkan," ujar Chen.

Dua minggu setelah lahan disiapkan, lahan kembali dicangkuli untuk digemburkan, kemudian disiram EM4 lagi,agar proses dekomposisi segera berlangsung, secara bertahap dilakukan penaburan pupuk TSP pada lahan bedengan, disiram EM4 kemudian ditutup mulsa.

pada lubang tanam akan dilakukan pemberian pupuk organik/kompos mabar atau pupuk organik granule, diberikan asam humat, trichoderma, silica carbon dan cairan EM4 sebelum dilakuka penanaman.

Menurut Pak Endi dan Mas Udin, hal yang paling pokok dalam budidaya tanaman cabe adalah menyiapkan pondasi pada lahan pertanaman, bila lahannya subur maka cabe pun akan tumbuh dengan subur.

Menyimpulkan dari apa yang disampaikan Pak Endi pada kanal Mitra Bertani Tv, bahwa tanaman akan tumbuh dengan subur dan sehat apabila mendapatkan nutrisi yang cukup, tanaman akan tahan terhadap serangan virus, bakteri, maupun jamur, maka lahan tandus timbunan tanah boksit di Mess Karantina Pertanian dilakukan pemberian pupuk kompos organik yang cukup. Sedangkan untuk pengobatan dapat diminimalisir bila ada serangan, artinya pengobatan hanya diberikan pada tanaman yang bila ditemukan dalam kondisi sakit.

"ini adalah metode penanaman cabe yang kedua, sebelumnya kami menanam cabe di polIbag," ujar Chen.

Dengan menerapkan berbagai metode menanam cabe, diharapkan dapat menghasilkan cabe sesuai keinginan, apalagi saat ini sudah diketahui metode/cara mengatasi serangan lalat buah pada cabe.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme

Inilah Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme Dinamisme adalah kepercayaan pada kekuatan gaib yang misterius. Tujuan beragama pada dinamisme adalah untuk mengumpulkan kekuatan gaib atau mana (dalam bahasa ilmiah) sebanyak mungkin. Animisme adalah agama yang mengajarkan bahwa tiap-tiap benda, baik yang beryawa maupun tidak bernyawa mempunyai roh. Tujuan beragama dalam Animisme adalah mengadakan hubungan baiik dengan roh-roh yang ditakuti dan dihormati itu dengan senantiasa berusaha menyenangkan hati mereka. Politeisme adalah kepercayaan kepada dewa-dewa. Tujuan beragama dalam politeisme bukan hanya memberi sesajen atau persembahan kepada dewa-dewa itu, tetapi juga menyembah dan berdoa kepada mereka untuk menjauhkan amarahnya dari masyarakat yang bersangkutan. Henoteisme adalah paham tuhan nasional. Paham yang serupa terdapat dalam perkembangan keagamaan masyarakat yahudi. Monotheisme adalah faham yang meyakini Tuhan itu tunggal dan personal, yang sang

Pengertian | Arti Kompetensi, Kapabilitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas

Seperti pemilu tahun lalu, menjelang pemilu 2014 ini sebagai orang awam kita akan sering dibingungkan dengan munculnya istilah bahasa asing oleh para elite politik. Entah itu bertujuan agar kedengaran lebih keren atau memang tak bahasa lain yang lebih pas untuk pemaknaannya. Kali ini saya, melalui Antar Berita ingin menyampaikan pengertian tersebut agar kita semua memahaminya. entah anda gunakan atau tidak, setidaknya itulah artinya dalam bahasa Indonesia yang sebenarnya menurut saya, entah pula oleh ahli bahasa. Inilah arti/pengeritan kompetensi, kapabilitas, akseptabilitas dan elektabilitas : Kompetensi, artinya adalah Kemampuan, sebagai seorang individu atau calon pemimpin diharapkan memiliki kemampuan, ketrampilan atau skill. Kapabilitas, artinya juga sama dengan Kompetensi, yaitu Kemampuan. Namun pemaknaan kapabilitas tidak sebatas memiliki keterampilan (skill) namun lebih dari itu, yaitu lebih paham secara mendetail sehingga benar benar menguasai kemampuannya dari titi

Pengertian Rangkaian Logika Dasar

Rangkaian logika adalah rangkaian yang menerapkan dasar-dasar logika dalam pemakaiannya. Dasar-dasar logika adalah operasi yang menerapkan  Pada umumnya rangkaian logika menggunakan gerbang-gerbang logika yang terintegrasi dalam satu IC. Gerbang logika dapat mengkondisikan input - input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya. Terdapat tiga gerbang logika dasar, yaitu : gerbang AND, gerbang OR, gerbang NOT. Ketiga gerbang ini menghasilkan empat gerbang berikutnya, yaitu : gerbang NAND, gerbang NOR, gerbang XOR, gerbang XAND. Gerbang NOR sering juga disebut dengan istilah Inverter. Logika dari gerbang ini adalah membalik apa yang di input kedalamnya, biasanya hanya terdiri dari satu kaki saja. Ketika input bernilai 1 maka output bernilai 0 dan begitu pula sebaliknya. Gerbang AND memiliki karakteristik logika diman input masuk bernilai 0 maka outpunya akan bernilai 0. Jika kedua input b