Skip to main content

Manfaat dan Cara Membuat Pupuk Asam Amino Bagi Tanaman

Setelah  menyimak video Info Tani yang membahas tentang perkebunan cabai/cabe dengan pemandangan yang sangat bagus, dimana cabenya tampak begitu hijau, bebas dari serangan virus/bakteri dan hama tanaman cabe pada umumnya. Rasa penasaran saya terjawab sudah, ternyata hal itu disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh tanaman yang baik karena mendapatkan asupan makanan yang cukup, menurut Pak Endi, petani cabe yang sukses menanam cabe tersebut, hal itu tidak lain karena penerapan/pengaplikasian pupuk asam amino pada tanaman cabenya.

Lalu, bagaimana cara membuat asam amino mandiri (sendiri), rasa penasaran saya terjawab sudah dengan membaca sebuah artikel di Jombangkab.go.id yang membahas tentang cara membuat asam amino sendiri. Sebelumnya harus kita ketahui terlebih dahulu manfaat dari asam amino itu sendiri untuk apa?

MANFAAT PUPUK ASAM AMINO
  • Memberikan unsur hara yang lengkap (baik unsur hara makro dan unsur hara mikro) bagi tanaman, terlebih unsur hara NPK lengkap.
  • Mempercepat proses pertumbuhan tanaman.
  • Sebagai sumber mineral, asam amino, asam nukleat, senyawa aktif fisiologis dan polysakarida pada tanaman.
  • Meningkatkan kualitas rasa tanaman, baik pada sayur-sayuran maupun pada tanaman buah-buahan.
  • Mempercepat proses pembungaan dan pembuahan tanaman, (pertanian, perkebunan dan kehutanan atau pertanian dalam arti luas).
  • Meningkatkan berat atau bobot biji dan buah tanaman.
  • Mempercepat proses pematangan biji dan buah tanaman agar waktu panennya lebih cepat.

Dengan mengetahui manfaat dari pupuk asam amino, tentu anda akan lebih bersemangat untuk menyediakannya bagi tanaman. Pupuk asam amino, dapat anda beli di toko pertanian, atau membuatnya sendiri di rumah. 

Berikut ini adalah bahan dan cara membuat pupuk asam amino:

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan
  1. Telur ayam: 2 butir (atau bisa dari telur ternak unggas jenis apa saja).
  2. Penyedap Rasa: 1 sendok makan (seperti sasa, ajinomoto dll).
  3. Air Kelapa tua, atau  air leri (air cucian beras) : 5 liter.
  4. Yakult : 1 botol kecil, atau bisa pakai EM-4 ataupun MOL/EMOL: 100 ml/cc. 

Alat-Alat Yang Dibutuhkan
  1. Botol Air mineral bekas (botol aqua): 5 botol besar. Botol yang belum pernah dipakai atau terisi bahan cairan yang lainnya. (minyak tanah, cuka, minyak kelapa, sabun deterjen atau bahan cairan lainnya).
  2. Ember, mangkuk, gelas ukur, sendok makan, garfu, corong, piring, gelas, kain lap (masing-masing 1 buah). 
CARA MEMBUAT PUPUK ASAM AMINO
  1. Telur dipecahkan dan dimasukkan ke dalam wadah (mangkuk dan ditambahkan dengan air 5 senduk makan dan dikocok sampai merata (+ 3 menit).
  2. Masukkan penyedap rasa 1 sendok makan dan Yakult : 1 botol kecil, atau bisa pakai EM-4 ataupu MOL/EMOL: 100 ml/cc ke dalam adonan telur tadi; kemudian kocok lagi sampai merata (+ 3 menit).
  3. Masukkan adonanan tersebut ke dalam 5 botol aqua kosong yang telah disiapkan (dibagi secara merata).
  4. Masukkan air kelapa tua atau air leri (air cucian beras): 5 liter yang telah disiapkan ke dalam 5 botol yang telah terisi adonan telur dan ajinomoto, masing-masing botol terisi 1 liter air.
  5. Tutup rapat kelima botol yang telah terisi adonan tersebut, dan dikocok lagi sampai merata (+ 3 menit).
  6. Simpan kelima botol adonan tersebut untuk difermentasikan di tempat teduh atau di dalam rumah (di gudang atau di dalam rumah pada suhu kamar) tapi jangan di dalam dapur nanti suhunya terlalu panas nanti mikrobanya mati, selama paling cepat 1 x 24 jam atau selama 7 hari (1 minggu), semakin lama difermentasi kualitas pupuk Asam Amino nya semakin baik. Setiap hari penutup botol dibuka untuk mengeluarkan gas hasil fermentasi, jika tidak dibuka maka botolnya bisa mengembung dan akhirnya meledak.

Lalu bagaimana cara menggunakan asam amino tersebut pada tanaman agar dapat memberikan manfaat yang optimal? 
Untuk mengaplikasikan asam amino pada tanaman terdapat 2 cara yang bisa dilakukan, yang pertama disemprotkan pada daun dan batang tanaman dan yang kedua dikocorkan pada media tanam di sekitar pangkal tanaman atau perakaran tanaman.

DISEMPROTKAN

Untuk aplikasi asam amino dengan cara disemprotkan, terlebih dahulu harus dilarutkan ke dalam air dengan dosis 1:100 atau 10 ml asam amino untuk 1 liter air.

Semprotkan larutan asam amino tersebut ke seluruh bagian tanaman dengan interval pemberian setiap 1 minggu sekali.

DIKOCORKAN

Begitu juga untuk aplikasi asam amino dengan cara dikocorkan, terlebih dahulu harus dilarutkan ke dalam air dengan dosis 1:100 atau 10 ml asam amino untuk 1 liter air.

Kocorkan atau siramkan larutan asam amino tersebut ke media tanam  di sekitar pangkal tanaman atau perakaran tanaman dengan interval pemberian setiap 2 minggu sekali.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme

Inilah Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme Dinamisme adalah kepercayaan pada kekuatan gaib yang misterius. Tujuan beragama pada dinamisme adalah untuk mengumpulkan kekuatan gaib atau mana (dalam bahasa ilmiah) sebanyak mungkin. Animisme adalah agama yang mengajarkan bahwa tiap-tiap benda, baik yang beryawa maupun tidak bernyawa mempunyai roh. Tujuan beragama dalam Animisme adalah mengadakan hubungan baiik dengan roh-roh yang ditakuti dan dihormati itu dengan senantiasa berusaha menyenangkan hati mereka. Politeisme adalah kepercayaan kepada dewa-dewa. Tujuan beragama dalam politeisme bukan hanya memberi sesajen atau persembahan kepada dewa-dewa itu, tetapi juga menyembah dan berdoa kepada mereka untuk menjauhkan amarahnya dari masyarakat yang bersangkutan. Henoteisme adalah paham tuhan nasional. Paham yang serupa terdapat dalam perkembangan keagamaan masyarakat yahudi. Monotheisme adalah faham yang meyakini Tuhan itu tunggal dan personal, yang sang

Pengertian | Arti Kompetensi, Kapabilitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas

Seperti pemilu tahun lalu, menjelang pemilu 2014 ini sebagai orang awam kita akan sering dibingungkan dengan munculnya istilah bahasa asing oleh para elite politik. Entah itu bertujuan agar kedengaran lebih keren atau memang tak bahasa lain yang lebih pas untuk pemaknaannya. Kali ini saya, melalui Antar Berita ingin menyampaikan pengertian tersebut agar kita semua memahaminya. entah anda gunakan atau tidak, setidaknya itulah artinya dalam bahasa Indonesia yang sebenarnya menurut saya, entah pula oleh ahli bahasa. Inilah arti/pengeritan kompetensi, kapabilitas, akseptabilitas dan elektabilitas : Kompetensi, artinya adalah Kemampuan, sebagai seorang individu atau calon pemimpin diharapkan memiliki kemampuan, ketrampilan atau skill. Kapabilitas, artinya juga sama dengan Kompetensi, yaitu Kemampuan. Namun pemaknaan kapabilitas tidak sebatas memiliki keterampilan (skill) namun lebih dari itu, yaitu lebih paham secara mendetail sehingga benar benar menguasai kemampuannya dari titi

Pengertian Rangkaian Logika Dasar

Rangkaian logika adalah rangkaian yang menerapkan dasar-dasar logika dalam pemakaiannya. Dasar-dasar logika adalah operasi yang menerapkan  Pada umumnya rangkaian logika menggunakan gerbang-gerbang logika yang terintegrasi dalam satu IC. Gerbang logika dapat mengkondisikan input - input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya. Terdapat tiga gerbang logika dasar, yaitu : gerbang AND, gerbang OR, gerbang NOT. Ketiga gerbang ini menghasilkan empat gerbang berikutnya, yaitu : gerbang NAND, gerbang NOR, gerbang XOR, gerbang XAND. Gerbang NOR sering juga disebut dengan istilah Inverter. Logika dari gerbang ini adalah membalik apa yang di input kedalamnya, biasanya hanya terdiri dari satu kaki saja. Ketika input bernilai 1 maka output bernilai 0 dan begitu pula sebaliknya. Gerbang AND memiliki karakteristik logika diman input masuk bernilai 0 maka outpunya akan bernilai 0. Jika kedua input b