Skip to main content

Penetapan Hari Pertama Awal Puasa Ramadhan 2023

​Penetapan tanggal hari pertama puasa Ramadhan selalu dinantikan di seluruh Indonesia, maupun di belahan dunia manapun. Puasa Ramadhan selalu dilakukan di setiap tanggal 01 Ramadhan Tahun Hijiriyah, namun kerap kali menjadi perdebatan dan pertanyaan masyarakat bila dikaitkan dengan penanggalan kalender Masehi.



Di Indonesia yang terkenal dengan penduduknya plural, memiliki beberapa landasan keyakinan tentang tata cara perhitungan pergantian bulan. Perbedaan tadilah yang menyebabkan penetapan tanggal hari pertama puasa Ramadhan sering berbeda.


Beberapa tahun yang telah berlalu, hampir setiap tahun selalu ada perbedaan penetapan tanggal hari pertama Ramadhan, meskipun jaraknya berdekatan. Sebagai contoh, penganut jamaah Muhamadiyah, Jamaah NU, Jamaah Naqsabandiyah, Jamaah Aboge dan Pemerintah RI yang menetapkan hari pertama puasa dengan sidang isbat.


Perkembangan teknologi dan informasi yang terbuka, memungkinkan setiap orang mendapatkan informasi yang beragam, dari seluruh penjuru dunia, termasuk informasi penetapan tanggal hari pertama puasa dari negara Arab Saudi.


Hari pertama puasa Ramadhan 2023 diperkirakan akan jatuh pada tanggal 22-23 Maret 2023, hal ini sesuai dengan jadwal penetapan hari libur bersama Idulfitri 2023, yang jatuh pada tanggal 22-23 April 2023.


Hari Pertama Puasa Ramadhan 2023 menurut Muhammadiyah


Hanya Muhammadiyah yang telah menetapkan hari pertama puasa ramadhan 2023, jatuh pada tanggal 23 Maret 2023. Dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.or.id., Muhammadiyah telah menerbitkan Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1444 H sejak hari Sabtu (21/01) lalu.


Berdasarkan Maklumat PP Muhammadiyah, telah ditetapkan bahwa awal puasa Ramadhan 1444 H akan dimulai pada hari Kamis Pon, 23 Maret 2023 M.


Awal puasa Ramadhan 2023 menurut NU

Nahdhatul Ulama atau lebih populer NU saja sampai dengan hari ini 19/03 belum menetapkan tanggal hari awal ramadhan 2023.


Awal puasa Ramadhan menurut pemerintah

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah RI melalui Kementerian Agama akan melakukan sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan 2023. Sidang isbat sendiri diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2023.


editor : Chen



Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme

Inilah Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme Dinamisme adalah kepercayaan pada kekuatan gaib yang misterius. Tujuan beragama pada dinamisme adalah untuk mengumpulkan kekuatan gaib atau mana (dalam bahasa ilmiah) sebanyak mungkin. Animisme adalah agama yang mengajarkan bahwa tiap-tiap benda, baik yang beryawa maupun tidak bernyawa mempunyai roh. Tujuan beragama dalam Animisme adalah mengadakan hubungan baiik dengan roh-roh yang ditakuti dan dihormati itu dengan senantiasa berusaha menyenangkan hati mereka. Politeisme adalah kepercayaan kepada dewa-dewa. Tujuan beragama dalam politeisme bukan hanya memberi sesajen atau persembahan kepada dewa-dewa itu, tetapi juga menyembah dan berdoa kepada mereka untuk menjauhkan amarahnya dari masyarakat yang bersangkutan. Henoteisme adalah paham tuhan nasional. Paham yang serupa terdapat dalam perkembangan keagamaan masyarakat yahudi. Monotheisme adalah faham yang meyakini Tuhan itu tunggal dan personal, yang sang

Pengertian | Arti Kompetensi, Kapabilitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas

Seperti pemilu tahun lalu, menjelang pemilu 2014 ini sebagai orang awam kita akan sering dibingungkan dengan munculnya istilah bahasa asing oleh para elite politik. Entah itu bertujuan agar kedengaran lebih keren atau memang tak bahasa lain yang lebih pas untuk pemaknaannya. Kali ini saya, melalui Antar Berita ingin menyampaikan pengertian tersebut agar kita semua memahaminya. entah anda gunakan atau tidak, setidaknya itulah artinya dalam bahasa Indonesia yang sebenarnya menurut saya, entah pula oleh ahli bahasa. Inilah arti/pengeritan kompetensi, kapabilitas, akseptabilitas dan elektabilitas : Kompetensi, artinya adalah Kemampuan, sebagai seorang individu atau calon pemimpin diharapkan memiliki kemampuan, ketrampilan atau skill. Kapabilitas, artinya juga sama dengan Kompetensi, yaitu Kemampuan. Namun pemaknaan kapabilitas tidak sebatas memiliki keterampilan (skill) namun lebih dari itu, yaitu lebih paham secara mendetail sehingga benar benar menguasai kemampuannya dari titi

Sejarah Sepeda Onthel HIMA

Pada masa kejayaannya Sepeda Onthel dengan brand HIMA begitu populer, seandainya hari ini masih ada, tentu saja akan menjadi barang antik. Karena sudah jadi barang antik, tentu harga sepeda onthel Hima juga fantastis.  Untuk memperluas dan mengabadikan nilai sejarah, kali ini admin akan berbagi berita tentang sejarah Sepeda Onthel HIMA yang ternyata pabriknya ada di Surabaya, hal ini berdasarkan tulisan sejarah sepeda Hima oleh Mahesa Jenar di laman FB-nya. Sejarah Pabrik Sepeda Merek " HIMA" pada Masa  Kolonial Belanda di Soerabaia. Sejarah munculnya sepeda pernah dipakai atau digunakan pada pasukan keamanan (politie) diawali oleh pembentukan pasukan-pasukan jaga yang diambil dari orang-orang pribumi guna menjaga aset dan kekayaan orang-orang Eropa di Hindia Belanda pada waktu itu. Pada tahun 1867 dan merekrut 78 orang pribumi untuk menjaga keamanan mereka.  Nah setelah adanya penggunaan sepeda oleh polisi, ada beberapa kesatuan polisi bersepeda yang dibentuk. Kesatuan polis