Skip to main content

Waspada Flu Burung, Karantina Perketat Pengawasan Unggas

Karantina Pertanian meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Flu Burung, akibat adanya laporan penyebaran flu burung (Avian Influenza) di peternakan bebek peking di Kalimantan Selatan. Merespon cepat terkait adanya mitigasi resiko terhadap penyakit flu burung pada hewan unggas, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Kementerian Pertanian, Bambang menginstruksikan peningkatan pengawasan pada lalu lintas unggas baik ekspor, impor maupun antar area.

Desinfeksi untuk pencegahan penyebaran flu burung


"Aksi cepat ini diharapkan dapat mencegah penyebaran virus flu burung yang telah dilaporkan penemuan kasusnya di negara kita," kata Bambang melalui keterangan pers, Senin, 6 Maret 2023.

Menurut Bambang, jajarannya akan melakukan serangkaian tindakan karantina guna meningkatkan kewaspadaan terhadap lalu lintas unggas dan produk unggas segar. Melalui edaran nomor 5816/2023, Bambang menginstruksikan kepada seluruh jajarannya diseluruh Indonesia untuk meningkatkan pengawasan dan tindakan karantina di tempat pemasukan dan pengeluaran, untuk mencegah penyebarannya.

Secara teknis, Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Wisnu Wasisa Putra menyebutkan bahwa kasus Flu Burung telah terjadi di Kamboja. Wabah penyakit High Pathogenic Avian Influenza (HPAI) subtipe H5N1 clade 2.3.4.4.b dan clade 2.3.2.1.c di dunia trennya meningkat.

“Tindakan ini berdasarkan Pasal 6, Pasal 7, Pasal 17, dan Pasal 27 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan. Pasal 78 Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2000 tentang Karantina Hewan, dan peraturan perundang-undangan lainnya,” jelas Wisnu.

Bambang kembali menjelaskan, selain merugikan secara ekonomi bagi peternakan unggas, juga dapat berdampak terhadap kesehatan manusia atau bersifat zoonosis. Oleh karena itu, pencegahannya perlu sinergi bersama pemangku kepentingan lainnya. Meski hingga saat ini belum ada laporan terkait penularan antarmanusia, risiko transmisi masih relatif rendah.

“Tidak hanya di tempat pemasukan dan pengeluaran saja, tetapi bila di daerahnya ditemukan kasus harus segera dilakukan tindakan bersama pemerintah daerah dan instansi terkait sehingga tidak menyebar ke daerah lain. Sesuai arahan pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo), bertindak dengan cepat, tepat, dan cermat,” tuturnya.

Tindakan pencegahan penyebaran AI salah satunya adalah dengan disinfeksi terhadap lalu lintas unggas, kemasan, dan alat angkutnya. Disinfeksi dilakukan di instalasi karantina hewan, tempat pemasukan dan pengeluaran.

“Tanggung jawab kita bersama melindungi pertanian Indonesia. Menjaga pangan dan juga kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian | Arti Kompetensi, Kapabilitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas

Seperti pemilu tahun lalu, menjelang pemilu 2014 ini sebagai orang awam kita akan sering dibingungkan dengan munculnya istilah bahasa asing oleh para elite politik. Entah itu bertujuan agar kedengaran lebih keren atau memang tak bahasa lain yang lebih pas untuk pemaknaannya. Kali ini saya, melalui Antar Berita ingin menyampaikan pengertian tersebut agar kita semua memahaminya. entah anda gunakan atau tidak, setidaknya itulah artinya dalam bahasa Indonesia yang sebenarnya menurut saya, entah pula oleh ahli bahasa. Inilah arti/pengeritan kompetensi, kapabilitas, akseptabilitas dan elektabilitas : Kompetensi, artinya adalah Kemampuan, sebagai seorang individu atau calon pemimpin diharapkan memiliki kemampuan, ketrampilan atau skill. Kapabilitas, artinya juga sama dengan Kompetensi, yaitu Kemampuan. Namun pemaknaan kapabilitas tidak sebatas memiliki keterampilan (skill) namun lebih dari itu, yaitu lebih paham secara mendetail sehingga benar benar menguasai kemampuannya dari titi

Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme

Inilah Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme Dinamisme adalah kepercayaan pada kekuatan gaib yang misterius. Tujuan beragama pada dinamisme adalah untuk mengumpulkan kekuatan gaib atau mana (dalam bahasa ilmiah) sebanyak mungkin. Animisme adalah agama yang mengajarkan bahwa tiap-tiap benda, baik yang beryawa maupun tidak bernyawa mempunyai roh. Tujuan beragama dalam Animisme adalah mengadakan hubungan baiik dengan roh-roh yang ditakuti dan dihormati itu dengan senantiasa berusaha menyenangkan hati mereka. Politeisme adalah kepercayaan kepada dewa-dewa. Tujuan beragama dalam politeisme bukan hanya memberi sesajen atau persembahan kepada dewa-dewa itu, tetapi juga menyembah dan berdoa kepada mereka untuk menjauhkan amarahnya dari masyarakat yang bersangkutan. Henoteisme adalah paham tuhan nasional. Paham yang serupa terdapat dalam perkembangan keagamaan masyarakat yahudi. Monotheisme adalah faham yang meyakini Tuhan itu tunggal dan personal, yang sang

Pengertian Fatamorgana dan Contohnya

Fatamorgana adalah sesuatu yang semu, yaitu suatu bayangan yang tampak seperti ada tapi sebenarnya tidak ada. Sebagai Contoh adalah bila anda berjalan kaki ditengah terik matahari di jalan Aspal yang panas dan tak ada kendaraan, memandanglah ke arah yang jauh maka anda akan mendapati dikejauhan seakan akan ada kubangan air. Sementara bila anda dekati air tersebut tidak ada, seakan akan menghilang. Penjelasan lain tentang Fatamorgana merupakan sebuah fenomena di mana optik yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es. Fatamorgana adalah pembiasan cahaya melalui kepadatan yang berbeda, sehingga bisa membuat sesuatu yang tidak ada menjadi seolah ada. Seringkali di gurun pasir, fatamorgana menyerupai danau atau air atau kota. Ini sebenarnya adalah pantulan daripada langit yang dipantulkan udara panas. Udara panas ini berfungsi sebagai cermin.