Skip to main content

Bintan Kawasan Bebas, Namun Kamu Tidak Bisa Seenaknya Bawa Barang

Bintan sebagai kawasan bebas (free trade zone) memiliki beberapa pelabuhan sebagai tempat pemasukan barang dan turis asing. Kedatangan turis asing bisa menjadi berkah bagi dunia usaha pariwisata maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lainnya. Jika kamu bepergian ke luar negeri dan kembali ke Indonesia melalui pelabuhan di kawasan bebas Bintan, seperti melalui pelabuhan ferry Bandar Bentan Telani yang berada di kawasan wisata Bintan Resort, kamu tidak bisa seenaknya membawa barang yang dalam pengawasan bea cukai maupun karantina.

Meskipun masuk kawasan bebas, namun regulasi tentang pembatasan barang tertentu tetap berlaku di pelabuhan FTZ, komoditas tersebut harus memenuhi persyaratan yang ditentukan atau dalam jumlah tertentu. Sebagai contoh, setiap penumpang ferry hanya boleh membawa minuman beralkohol 1 liter per orang untuk usia dewasa, dengan kategori usia diatas 21 tahun, tidak membawa barang bekas untuk diperdagangkan, tidak membawa narkotika dan obat terlarang lainnya, tidak membawa komoditas pertanian seperti buah, sayuran, daging maupun telur bila tidak disertai dengan sertifikat kesehatan dari petugas karantina di negara asal.

Karantina Pertanian ada di Pelabuhan

Sebagai amanah dari undang-undang No. 21 tahun 2019 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan, Pejabat Karantina melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang dan kapal di pelabuhan. Tindakan karantina tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya pemasukan komoditas ilegal yang dapat merugikan pertanian dan peternakan di Bintan khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Contoh Produk Hewan

Kegiatan pengawasan dan pemeriksaan dilakukan dengan bersinergi bersama bea cukai dan pejabat karantina dari BKIPM atau karantina ikan. Karantina berkomitmen menjaga negeri dari masuk dan tersebarnya hama penyakit hewan karantina (HPHK) maupun organisme tumbuhan karantina (OPTK), sehingga tindakan prefentif di pelabuhan perlu untuk terus dilaksanakan. 

"banyak jenis HPHK dan OPTK yang perlu dicegah masuk ke Indonesia, karena HPHK dan OPTK tersebut apabila masuk pasti akan menimbulkan keresahan bagi masyarakat dan kerusakan bagi bisnis pertanian maupun peternakan," ujar Malik, Pejabat Karantina di Lagoi.

Baru-baru ini terjadi adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), adalagi yang perlu diwaspadai adalah flu burung yang bisa mengancam peternakan di Bintan maupun di Indonesia. Sehingga sebagai upaya pencegahan, semua produk unggas segar yang masuk ke pelabuhan Bandar Bentan Telani akan dilakukan penegahan, semua produk daging babi juga dilakukan tindakan yang sama. 

Bintan memang kawasan bebas, namun tidak semuanya bebas masuk, harus ada persyaratan yang harus dipenuhi, harus dilaporkan dan dilengkapi dengan dokumen tertentu. 

Membawa Hp dari luar negeri dan Melaporkan Imei

Dari luar negeri membawa handphone untuk dipakai sendiri, agar dapat digunakan di Indonesia, terlebih dahulu harus dilaporkan kepada petugas bea cukai ditempat kedatangan pada saat itu juga. Bila anda telah keluar dari kawasan pabean, maka pendaftaran atau laporan kedatangan handphone tadi akan dikenakan pajak. Namun bila pada saat kedatangan langsung melapor ke petugas, anda dapat dibebaskan dari PPN+PPH bila anda memiliki NPWP. 


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme

Inilah Pengertian Animisme, Dinamisme, Politeisme, Monoteisme dan Henoteisme Dinamisme adalah kepercayaan pada kekuatan gaib yang misterius. Tujuan beragama pada dinamisme adalah untuk mengumpulkan kekuatan gaib atau mana (dalam bahasa ilmiah) sebanyak mungkin. Animisme adalah agama yang mengajarkan bahwa tiap-tiap benda, baik yang beryawa maupun tidak bernyawa mempunyai roh. Tujuan beragama dalam Animisme adalah mengadakan hubungan baiik dengan roh-roh yang ditakuti dan dihormati itu dengan senantiasa berusaha menyenangkan hati mereka. Politeisme adalah kepercayaan kepada dewa-dewa. Tujuan beragama dalam politeisme bukan hanya memberi sesajen atau persembahan kepada dewa-dewa itu, tetapi juga menyembah dan berdoa kepada mereka untuk menjauhkan amarahnya dari masyarakat yang bersangkutan. Henoteisme adalah paham tuhan nasional. Paham yang serupa terdapat dalam perkembangan keagamaan masyarakat yahudi. Monotheisme adalah faham yang meyakini Tuhan itu tunggal dan personal, yang sang

Pengertian | Arti Kompetensi, Kapabilitas, Akseptabilitas dan Elektabilitas

Seperti pemilu tahun lalu, menjelang pemilu 2014 ini sebagai orang awam kita akan sering dibingungkan dengan munculnya istilah bahasa asing oleh para elite politik. Entah itu bertujuan agar kedengaran lebih keren atau memang tak bahasa lain yang lebih pas untuk pemaknaannya. Kali ini saya, melalui Antar Berita ingin menyampaikan pengertian tersebut agar kita semua memahaminya. entah anda gunakan atau tidak, setidaknya itulah artinya dalam bahasa Indonesia yang sebenarnya menurut saya, entah pula oleh ahli bahasa. Inilah arti/pengeritan kompetensi, kapabilitas, akseptabilitas dan elektabilitas : Kompetensi, artinya adalah Kemampuan, sebagai seorang individu atau calon pemimpin diharapkan memiliki kemampuan, ketrampilan atau skill. Kapabilitas, artinya juga sama dengan Kompetensi, yaitu Kemampuan. Namun pemaknaan kapabilitas tidak sebatas memiliki keterampilan (skill) namun lebih dari itu, yaitu lebih paham secara mendetail sehingga benar benar menguasai kemampuannya dari titi

Pengertian Rangkaian Logika Dasar

Rangkaian logika adalah rangkaian yang menerapkan dasar-dasar logika dalam pemakaiannya. Dasar-dasar logika adalah operasi yang menerapkan  Pada umumnya rangkaian logika menggunakan gerbang-gerbang logika yang terintegrasi dalam satu IC. Gerbang logika dapat mengkondisikan input - input yang masuk kemudian menjadikannya sebuah output yang sesuai dengan apa yang ditentukan olehnya. Terdapat tiga gerbang logika dasar, yaitu : gerbang AND, gerbang OR, gerbang NOT. Ketiga gerbang ini menghasilkan empat gerbang berikutnya, yaitu : gerbang NAND, gerbang NOR, gerbang XOR, gerbang XAND. Gerbang NOR sering juga disebut dengan istilah Inverter. Logika dari gerbang ini adalah membalik apa yang di input kedalamnya, biasanya hanya terdiri dari satu kaki saja. Ketika input bernilai 1 maka output bernilai 0 dan begitu pula sebaliknya. Gerbang AND memiliki karakteristik logika diman input masuk bernilai 0 maka outpunya akan bernilai 0. Jika kedua input b